Minggu, 20 Januari 2013

contoh Proposal Maulid nabi SAW


PROPOSAL KEGIATAN
MAULID NABI MUHAMMAD S.A.W
1434 H

Nomor : 001/KARANG TARUNA/ JABAR /I/2013 Bekasi, 19 Januari 2013
Lampiran : 1 ( satu ) berkas proposal
Perihal : Bantuan Dana

Yth,Bapak / Ibu : …………………………………….

Di
T e m p a t

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Teriring Salam dan Do’a semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin
Sehubungan akan dilaksanakannya kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Karang Taruna dan majlis ta’lim Musollah Nurul Islam yang Insyah Allah akan dilaksanakan pada:
Hari,Tanggal : ( waktu masih dalam musyawarah )
Tempat : Musollah Nurul Islam
Pukul : ( waktu masih dalam musyawarah )
Mengingat kegiatan ini sangat penting demi kemajuan Umat Islam, maka untuk suksesnya penyelenggaraan ini dibutuhkan Dana yang cukup besar. Sehubungan dengan hal tersebut kami mohon kepada Bapak / Ibu untuk dapat berpartisipasi menjadi Donatur dalam kegiatan ini.
Demikian permohonan ini kami sampaikan, sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan proposal kegiatan. Atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.Tembung,

PANITIA PELAKSANA
Ketua karang Taruna Sekertaris


( Azi Ahmadi) ( Karyati )
Mengetahui :

Ketua Rt 002 Ketua Rw 016 Ketua DKM


( Bonen Ds ) ( Masim ) ( Ustad SodiqT.)

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT, karena berkat Taufiq dan Hidayah-Nya serta pertolongan-Nya kami dapat menyusun proposal ini. Shalawat dan salam-Nya mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, keluarganya, shahabatnya dan kepada tabi`it-tabi`innya.

Dalam proposal ini, kami membahas tentang pentingnya peranan Islam dalam mensukseskan pembangunan Nasional yang Religius. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Maka dari itu Kami bermaksud untuk melaksanakankegiatan tahunan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kami sangat mengharapkan sekali Uluran dan Bantuan dari semua pihak khususnya para Donatur yang akan membantu terhadap kelancaran kegiatan.

Dalam penyusunan proposal ini, penyusun menyadari jauh dari kesempurnaan baik dalam penempatan kata maupun cara penyusunannya, untuk itu penyusun menunggu saran atau koreksi dari semua pihak untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Atas segala hormat kami ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang bersedia membantu demi kelancaran kegiatan tersebut. Semoga segala bantuan yang diberikan mendapat imbalan dari Allah SWT.

Bekasi ,19 Januari 2013



Penyusun













I. PENDAHULUAN
Rabi'ul awal adalah bulan dimana lahirnya pemimpin umat manusia yang membawa manusia dari zaman kebatilan menuju ke zaman yang hak. Karena itulah umat manusia seluruh dunia pada umumnya merayakan kelahiran beliau sebagai ucapan terima kasih kita kepadanya.
Pada Zaman era globalisasi ini, banyak manusia yang tidak menghargai beliau karena semakin maraknya teknologi yang canggih dan penmyalahgunaan yang tidak sesuai, karena itulah mari kita bersama-sama menumbuhkan rasa kecintaan kita Kepada Beliau sebagai tanda peningkatan keimanan kita Kepadanya.
Pada Bulan ini saat yang tepat untuk menjalin Tali persaudaraaan yang telah di ajarkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW, berakhlakul Karimah, dan memperdalam Pengetahuan Sejarah Islam untuk generasi penerus Bangsa pada umumnya, dan khusunya warga masyarakat Kp Kalimanggis Rt 002 Rw 016.
Selain itu masih banyak Umat Islam yang belum tahu sejarah Kelahiran Nabi SAW, padahal sejarah ini sangat penting bagi umat manusia yang dimana didalamnya terdapat perbuatan – perbuatan yang di ridhai Allah SWT, dan sebagaimana juga yang telah di Pelajari oleh kita, yang sering di pakai dalam kehidupan sehari – hari untuk berkomunikasi.


II. DASAR PEMIKIRAN
1. Berdasar kepada program pemerintah untuk turut serta membangun sumberdaya manusia yang berakhlak mulia.
2. Program kerja Tahunan karang taruna
3. Sebagai sarana untuk memelihara kemuliaan Agama Islam
4. Pemersatu bangsa
5. Mengajak Ummat Islam untuk lebih membudayakan Seni Islam








III.Maksud dan Tujuan
a. Maksud
Yang dimaksud dengan Maulid Nabi yaitu Kegiatan yang merupakan salah satu Program Kerja Karang Taruna bekerja sama dengan DKM Musollah Nurul Islam yang di laksanakan pada Bulan Rabi'ul Awal untuk memperingati lahirnya Nabi Besar kita Muhammad SAW.
b. Tujuan
Adapun tujuan yang ingin di capai oleh Kegitan ini antara lain :
1. Sebagai kegiatan untuk memperingati Nabi Besar Muhammad SAW.
2. Menjadikan generasi penerus Bangsa yang berakhlakul Karimah
3. Memperat Ukhuwah antar warga masyarakat
4. Mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang akhirnya akan memperkuat keimanan dan ketaqawaan
5. Mengembangkan sikap saling tolong menolong antar sesama

IV. Nama, Bentuk dan Tema Kegiatan

a. Nama Kegiatan : Maulid Nabi Muhammad SAW
b. Bentuk Kegiatan : Ceramah Keagamaan
c. Tema Kegiatan :Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT, dan Nabinya Muhammad SAW, Akhlakul Karimah, dan menumbuhkan sikap saling tolong menolong.

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegitan Maulid Nabi ini akan dilaksanaka dengan jadwal yang masih di tentukan oleh DKM Musollah Nurul Islam karena harus di rapatkan dengan jadwal DKM sejatisampurna agar waktu kegiatan antar mesjid dan musollah se-Jatisampurna tidak bentrok, Dan pelaksanan kegiatan bertempat di Musollah Nurul Islam Kp. Kalimanggis Rt 002 Rw 016 Kel.Jatisampurna Kec.Jatisampurna Kota Bekasi

V. Pelaksana
Pelaksana kegiatan ini adalah Pengurus Karang Taruna dan Majlis Ta’lim Musollah Nurul Islam


VI. Rancangan Anggaran KegiatanIVI
. Rancangan Anggaran Biaya Kegiatan
No Uraian Jumlah (Rp) Ket
1 Konsumsi 2.000.000,-
2 Sound sistem 200.000,-
3 Spanduk 300.000,-
4 Muballig 2.000.000,-
5 Panggung dan Tenda 1.000.000,-
6 Transport 200.000,-
7 Dokumentasi 300.000,-
8 Lain-lain 1.000.000,-
Jumlah 7.000.000,-
Terbilang ” TUJUH JUTA RUPIAH ”Terbil

VII. Sumber Danaela
Adapun dana yang digunakan untuk kegiatan ini bersumber dari :
1. Kas Musollah Nurul Islam
2. Kas RT dan RW
3. Donatur

VIII. Penutup
Membina dan mengembangkan potensi generasi muda adalah suatu keharusan, agar terbentuk generasi muda yang berakhlak mulia,menjunjung tinggi nilai-nilai agama sehingga menjadi generasi muda yang bermoral dan berguna bagi agama bangsa dan negara. Oleh karena itu melalui kegiatan yang akan kami laksanakan mudah-mudahan mampu membentuk generasi muda yang dinamis. Melalui kegiatan ini pula kami memohon kepada semua pihak untuk membantu mensukseskan kegiatan yang akan kami laksanakan.
Partisipasi dari semua kalangan sangat kami harapkan, dan mudah-mudahan apa yang Bapak / Ibu berikan baik moral maupun materil dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda. Amin..
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

PANITIA PELAKSANA
Ketua karang Taruna Sekertaris


( Azi Ahmadi) ( Karyati )


Mengetahui :

Ketua Rt 002 Ketua Rw 016 Ketua DKM




( Bonen Ds ) ( Masim ) ( Sodiq T. )

1 komentar:

  1. Assalamualaikum,terimakasih untuk contoh proposal ini....karna sangat membatu bagi kami.

    BalasHapus